Bahasa Indonesia  |  English
.

bjb BiSA

LAYANAN AGEN BJB BiSA SAAT INI (Keuangan Inklusif)

bjb BiSA merupakan perluasan layanan bank bjb, dimana bank bjb menjalin kerjasama dengan nasabah bank bjb sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur bjb EDC dengan konsep sharing fee.

Produk dan Layanan Agen bjb BiSA sebagai berikut :

  • Laku Pandai menurut POJK No.19/POJK.3/2014 adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Layanan Laku Pandai tersedia di agen BANK BJBLink untuk unbanked/unserved people dalam rangka keuangan inklusif
  • Bjb EDC adalah Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai sebagaimana halnya transaksi keuangan non tunai yang disediakan ATM.

Bjb EDC

  1. Registrasi
    1. Mobile Banking
    2. Internet Banking
  2. Informasi
    1. Saldo Rekening
    2. Mini Statement
    3. Mutasi Rekening
  3. Transfer
    1. Sesama bank bjb
    2. Antar Bank
    3. Kode Bank
  4. Pembayaran
    1. Telkom
    2. Pasca Bayar : Halo, Matrix
    3. Telepon Rumah
    4. Tiket Kereta Api
    5. Pendidikan
  5. Isi Ulang Pulsa
  6. Setor-Pasti

♦ Fasilitas Laku Pandai
Tabungan bjb BiSA − Basic Saving Account
Pembukaan rekening Tabungan bjb BiSA

  • Fitur Tabungan bjb BiSA :
    1. Dapat diberikan Kartu ATM
    2. Maksimum saldo Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah)
    3. Maksimum transaksi debet (tarik tunai, transfer) per bulan : Rp 5.000.000 (lima juta rupiah)
        Keuntungan
    1. Bebas biaya administrasi tabungan, minimun saldo dan biaya penutupan rekening
    2. Dapat diberikan Kartu ATM
    3. Bebas biaya transfer sesama bank bjb
    4. Dapat melakukan penarikan maupun penyetoran tabungan di seluruh bank bjb dan Agen Bank bjb

 

♦ Manfaat bagi bank bjb

  • Agen
    1. Tambahan sumber pendapatan
    2. Peningkatan image karena di-branding dari bank bjb
    3. Menambah segmen pelanggan dan potensi cross selling usaha
  • Masyarakat
    1. Dekat dengan domisili sehingga menghemat waktu dan biaya
    2. Bisa bertransaksi tanpa harus dibatasi jam kantor atau hari libur
    3. Bisa "NABUNG" dan "TARIK TUNAI" dengan nominal kecil
    4. Suasana lebih kekeluargaan dan informal

 

♦ Keunggulan sebagai agen bank bjb

  1. Tanpa modal alat
  2. Bebas biaya sewa bulanan alat *)
  3. Dapat melayani pembukaan rekening tabunganku Basic Saving Account (BSA), transfer sesama bank bjb dan antar bank serta fitur transaksi lainnya (telepon, beli pulsa, dan lainnya)
  4. Fee yang diberikan kompetitif *) syarat dan ketentuan berlaku

♦ Ketentuan Agen bjb BiSA

  1. Persyaratan untuk menjadi Agen bjb BiSA :
    • Perseorangan / Instansi non berbadan hukum
    • Memiliki usaha min 2 tahun
    • Memiliki rekening simpanan berkartu di bank bjb (menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,-) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen
    • Memiliki rekening pinjaman di bank bjb (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas Lancar selama 6 bulan terakhir
    • Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
    • Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai
  2. Persyaratan dokumentasi pengajuan Agen bjb BiSA :
    • Fotocopy Dokumen Identitas Pemilik :
      1. KTP Pemilik / Pengurus
      2. NPWP pemilik (untuk badan usaha)
    • Fotocopy Dokumen Legalitas Usaha :
      1. Surat Keterangan Usaha minimal dari RT/RW, atau
      2. SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha)
      3. Akte Pendirian (untuk agen badan usaha berbadan hukum)
      4. Laporan keuangan (2 tahun terakhir)
      5. Izin Usaha Lainnya
    • Fotocopy Bukti Kepemilikan Rekening : Buku Tabungan / Rekening Koran
    • Dokumen pengajuan Agen bjb BiSA
      1. Formulir Pengajuan Agen bjb BiSA
      2. Perjanjian Kerjasama bjb BiSA
    • Ajukan kelengkapan dokumen ke jaringan kantor bank bjb terdekat

♦ Informasi & Pengaduan

  1. Terkait dengan complain handling dari Agen, AO/Marketing Konsumer dapat mengarahkan untuk menghubungi Call Center bank bjb (14049).
  2. Terkait dengan complain handling dari pelanggan, Agen dapat mengarahkan untuk menghubungi Call Center bank bjb (14049).

 

RENCANA PENGEMBANGAN LAYANAN di AGEN BJB BiSA(Keuangan Inklusif)

Dalam rangka peningkatan dan penambahan layanan transaksi pada agen bjb BiSA diperlukan agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan layanan perbankan di agen bjb BiSA serta dengan tingkat persaingan layanan agen bank lain yang cukup tinggi maka diperlukan penambahan fitur-fitur transaksi di Agen bjb BiSA.
Adpaun korelasi atas penambahan fitur transaksi di agen bjb BiSA adalah :

  1. Transaksi di hampir seluruh bisnis bank bjb dapat dilakukan di Agen bjb BiSA,
  2. Dapat meningkatkan transaksi masyarakat mengingat layanan one stop service dapat dilakukan di Agen bjb BiSA mulai dari penghimpunan dana, pembiayaan dan jasa keuangan lainnya.
  3. Kemudahan dan peningkatan untuk bank bjb dalam hal :
    • Penghimpunan dana murah masyarakat
    • Peningkatan portofolio transaksi,
    • Peningkatan NOA (tabungan bjb BiSA, Simpel, tabunganku),
    • Proses collection oleh agen kepada debitur diarea operasional agen bjb BiSA
    • Brand Awarness masyarakat terhadap bank bjb dan menjadikan bank bjb sebagai bank utama dalam melakukan transaksi keuangan nasabah
    • Menjangkau fungsi edukasi terkait dunia perbankan kepada masyarakat di daerah jauh dari layanan bank.

Berikut pengembangan layanan perbankan di agen bjb BiSA yang akan dilakukan secara bertahap

Bjb EDC

  • Pembayaran
    1. PLN : PLN Prabayar, PLN Pasca Bayar, Cetak Token
    2. Kartu Kredit bank bjb
    3. Pembayaran BPJS
    4. Pembayaran pajak kendaraan bermotor
    5. Cicilan kendaraan bermotor
    6. Zakat & infaq
    7. DPLK bjb
    8. Tiket Pesawat
  • Bjb Quick Cash

 

♦ Fasilitas Laku Pandai

  1. Melakukan collection aplikasi pengajuan kredit dari nasabah bank bjb
  2. Melakukan collection penagihan kepada debitur di lingkungan operasional agen

*) setiap aplikasi yang di approve oleh bank dan berhasil melakukan penagihan akan mendapt fee based dari bank bjb

♦ Rekomendasi / Referral / Pinjaman Mikro

  • Usaha telah berjalan minimal 6 (enam) bulan.
  • Besar plafond kredit yang diberikan maksimal Rp 20 juta (total eksposur)
  • Suku bunga pinjaman sebesar 1,25% flate/bulan (non-PBTW)
  • Tidak dipungut biaya provisi dan biaya administrasi.
  • Jangka waktu kredit untuk Modal Kerja maksimal 3 Tahun dan untuk Investasi maksimal 5 Tahun.

♦ Ketentuan Agen bjb BiSA

  1. Rencana revisi Persyaratan untuk menjadi Agen bjb BiSA :
    • Memiliki rekening simpanan berkartu di bank bjb (menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,-) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen, atau;
    • Memiliki rekening pinjaman di bank bjb (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas Lancar selama 6 bulan terakhi
    • Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
    • Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai

♦ Layanan Lainnya
Agen bjb BiSA dapat menyalurkan dana bantuan seperti dana bantuan Bos, Dana bantuan desa, KUR dan dana bantuan dari pemerintah lainnya.

 

 

* Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Cabang bank bjb terdekat.

>> DAFTAR AGEN BJB BiSA PER-AGUSTUS 2018 <<

Tools & Links
Cari
Suku bunga & Tarif
Simulasi Perhitungan
ATM & Cabang
Copyright © 2018 bank bjb