Bahasa Indonesia  |  English
.

Berita

PROGRAM BANK SAMPAH

PROGRAM BANK SAMPAH

 

PROGRAM BANK SAMPAH

 

Program Bank Sampah merupakan salah satu program pengelolaan sampah yang sedang dikembangkan bank bjb melalui program CSR. Program ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Keberadaan bank sampah tersebut telah menunjang pengurangan sampah keluarga di TPS-TPS di Kota Bandung sehingga tidak menjadi tumpukan-tumpukan sampah yang berlimpah. Sampah yang dibuang ke TPS merupakan hanya sampah yang sudah tidak bisa diolah saja sementara yang masih bisa diolah ditampung melalui bank sampah.

Program ini mendidik masyarakat untuk dapat membiasakan peduli terhadap lingkungan sekaligus membiasakan masyarakat memilah sampah organik dan anorganik sejak dari rumah. Melalui bank sampah ini, sampah-sampah anorganik yang masih bisa diolah dapat menghasilkan rupiah, dimana sampah-sampah tersebut dapat ditukar dengan uang setiap kilonya dengan harga yang sudah ditentukan untuk masing-masing jenisnya. Setiap Pembayan harga sampah anorganik tersebut dilakukan melalui sistem tabungan bank sampah, dimana uang hasil penukaran sampah tersebut dicatat dan diakumulasikan dengan pencatatan buku tabungan bank sampah bagi anggota yang sudah terdaftar dan uangnya dapat diambil sewaktu-waktu.

Dalam Program bank sampah saat ini bank bjb bekerjasama dengan Lembaga Hijau Lestari dengan mendirikan 30 bank sampah di Kota Bandung dan meyediakan armada angkut sampah guna menunjang pelaksanaan program bank sampah tersebut.

Dalam pelaksanaanya, melalui program ini masyarakat terlebih dahulu diberikan pengarahan melalui sosialisasi dan pelatihan memilah serta mengolah sampah karena selain sampah tersebut dapat ditukar dengan rupiah juga dapat diolah menjadi barang-barang kerajinan rumah tangga yang nialai harga jualnya jauh lebih tinggi.

  • Maksud dan Tujuan
    1. Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap sampah
    2. Sinergitas dengan program pemerintah dalam menanggulangi dan menurunkan kuantitas sampah kota yang masuk ke TPS-TPS di Bandung.
    3. Mendidik masyarakat untuk lebih cerdas dalam berinovasi dan berkreasi dalam kreatifitas daur ulang sampah baik anorganik.
  • Sasaran
    Untuk program saat ini telah dikembangkan program Bank Samapah di wilayah Kota Bandung dalam hal ini telah dilaksanakan di 30 RW di Kota Bandung dan kemungkinan untuk kedepannya akan berkembang ke wilayah-wilayah Kota dan Kabupaten baik di Wilayah Jawa Barat dan Banten maupun wilayah-wilayah dimana bank bjb berada.

 

 

 

DIVISI CORPORATE SECRETARY
bank bjb

Tools & Links
Cari
Suku bunga & Tarif
Simulasi Perhitungan
ATM & Cabang
Copyright © 2019 bank bjb