.

News

TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH (TPS) TERPADU BABAKANSARI KIARACONDONG

TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH (TPS) TERPADU BABAKANSARI KIARACONDONG

 

TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH (TPS) TERPADU BABAKANSARI KIARACONDONG

 

Program TPS terpadu ini merupakan program lanjutan dari program pengelolaan sampah yang sebelumnya telah dilaksanakan di Cibangkong Bandung. Program ini merupakan kegiatan pengolahan sampah organik skala besar menggunakan biodigester komunal dengan sistem permentasi bakteri anaerob dengan keluaran olahan menjadi gas dan listrik, Program ini dirancang untuk menanggulangi permasalahan sampah dilingkungan masyarakat yang belum teratasi dan tidak ada solusi dalam penyelesaiannnya. Melalui program ini, keberadaan sampah khususnya diwilayah sekitar program ini telah dapat diminimalisir. Selain hal tersebut melalui program ini, pasokan gas rumah tangga dan listrik disekitaran program ini dapat terbantu dari hasil keluaran proses pengolahan sampah menggunakan biodigester ini.

Dalam Program TPS Terpadu ini, pengembangan pengelolaan sampah menggunakan biodigester tersebut di kombinasi dengan penataan TPS tersebut menjadi lokasi yang tertata dan hijau . Dibangunnya MCK Plus, Mushola dan Rumah Kreatif bjb di TPS tersebut telah menjadikan TPS tersebut satu-satunya TPS di Kota Bandung yang sangat unik dan tertata.

Pengembangan program ini jika dikembangkan secara berkesinambungan akan sangat banyak dirasakan manfaatnya. Multi fungsi manfaat yang telah dirasakan dianggap program ini menjadi hal penting harus menjadi fokus program bank bjb dibidang kesehatan dan lingkungan. Selain itu, Program ini telah menjadi program percontohan dibeberapa wilayah dalam hal pengelolaan sampah organik yang saat ini menjadi masalah komplek dimasyarakat.

Konsep kedepannya telah dirancang konsep Rumah Kreatif bjb. Program ini merupakan program lanjutan dalam hal pengelolaan sampah anorganik yang akan dibahas pada poin selanjutnya.

  • Maksud dan Tujuan
    1. Mengurangi asupan tumpukan sampah di TPS yang sering mengakibatkan udara tidak sedap dan lingkungan yang kotor dalam waktu yang cukup lama;
    2. Mempercepat arus keluar masuk sampah dari masyarakat ket TPS hingga ke TPA
    3. Mengelola sampah menjadi keluaran energy gas dan listrik yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar.
    4. Menjadi percontohan penataan TPS yang ramah lingkungan terpola dan terintegritas.
  • Sasaran
  • Tempat Pembuangan Sampah (TPS)

 

 

 

DIVISI CORPORATE SECRETARY
bank bjb

Tools & Links
Search
Bank Rate & Tariff
Product Simulation
ATM & Branch
Copyright © 2018 bank bjb