.

News

BJB GREEN SCHOOL

BJB GREEN SCHOOL

 

BJB GREEN SCHOOL

 

Program Greenschool merupakan salah satu program CSR bank bjb yang saat ini sedang dikembangkan menjadi program unggulan dibidang lingkungan melalui pendekatan edukasi, penghijauan dan pengelolaan sampah berbasis teknologi biomethagreen disekolah-sekolah. Program greenschool ini sudah dilaksanakan di 11 sekolah di Wilayah Bandung Raya dan untuk selanjutnya program greenschool ini akan diperluas ke Kota dan Kabupaten di Jawa Barat dan Banten serta tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan diseluruh wilayah dimana Kantor bank bjb berada.

Program Greenschool ini memiliki beberapa konsep penataan ruang terbuka hijau sekolah seperti:

  1. Taman Hijau Sekolah
    Merupakan pembuatan taman sekolah dengan konsep penghijauan sekolah yang dikombinasi dengan pembuatan kebun sekolah yang didalamnya terdiri dari penanaman obat keluarga dan sayuran. Penataan taman ini dikhususkan bagi sekolah yang memiliki lahan yang cukup namun belum memiliki penataan taman atau kebun sekolah.
  2. Warung Hidup bjb (Screenhouse)
    Pembuatan Warung Hidup bjb ini dikenal juga sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Konsep warung hidup bjb ini memiliki konsep yang sama dengan dengan penataan taman dan kebun sekolah akan tetapi lebih dikhususkan bagi sekolah-sekolah yang sudah tidak memiliki ruang/lahan untuk penghijauan.
  3. Penataan tong sampah organik dan anorganik
    Merupakan konsep penataan/peletakan tong sampah dengan sistem pemisahan sampah organik dan anorganik yang nantinya akan inline dengan pengolahan sampah menggunakan destilator bbm dan biodigester.
  4. Komposter
    Komposter adalah alat pengolahan sampah organik yang dalam konsep bjb greenschool ini dikhususkan untuk sampah dedaunan yang ada disekolah. Konsep komposter ini melalui penguraian parsial dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat, lembap, dan aerobik atau anaerobik.
  5. Mesin Pencacah Sampah
    Merupakan pemanfaatan sampah anorganik yang dapat diolah atau dimanfaatkan melalui sistem pencacahan sampah. Hasil pencacahan sampah anorganik tersebut dapat dimanfaatkan untuk kreatifitas kerajinan anak sekolah maupun dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi.
  6. Biodigester,
    Merupakan pengelolaan sampah organik melalui permentasi bakteri biomethan dengan keluaran yang dihasilkan adalah gas, listrik dan pupuk cair. Khusus bagi sekolah-sekolah yang sudah menjadi bagian dari program bjb greenschool ini keluaran gas dan listrik yang dihasilkan dapat dimanfatkan untuk kebutuhan sekolah dan kantin baik itu untuk memasak maupun penerangan.
  7. Destilasi BBM
    Merupakan pengelolaan sampah anorganik (plastik-palstik) yang sulit untuk dihancurkan dengan keluaran bahan bakar minyak bbm.

Adapun 11 sekolah yang sudah mendapatkan program bjb Greenschool adalah sebagai berikut:

  • SMPN 19 Bandung
  • SMAN 19 Bandung
  • SMAN 9 Bandung
  • SMAN 15 Bandung
  • SDN Ciujung Bandung
  • SDN Sejahtera Bandung
  • SDN Panyileukan 1 Kota Bandung
  • SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung
  • SMP Salman Al Farisi Kota Bandung
  • SD IT Al Fitrah Kota Bandung
  • Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Kabupaten Bandung Barat
  • Maksud dan Tujuan
    1. Menjadikan sekolah yang ramah lingkungan dan nendidik siswa untuk peduli terhadap lingkungan sekitar sekolah;
    2. Menenamkan kebiasaan hidup sehat dan bersih serta mengedukasi siswa agar mampu menjadi duta lingkungan baik itu dilingkungan sekolah, keluarga maupun dilingkungan tempat tinggalnya;
    3. Memotivasi siswa untuk berekreasi dan berinovasi terhadap pengembangan konsep bjb greenschool;
    4. Mendorong sekolah-sekolah program greenschool dapat bersaing dalam memperoleh penghargaan Adiwiyata tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi dan Nasional.
  • Sasaran
    1. Sekolah-sekolah yang memiliki keinginan dalam mengembangkan sekolah yang ramah lingkungan dan zerowaste.
    2. Sekolah-sekolah yang memiliki ruang dan lahan yang cukup untuk menampung alat-alat dan konsep penataan bjb greenschool.

 

 

DIVISI CORPORATE SECRETARY
bank bjb

Tools & Links
Search
Bank Rate & Tariff
Product Simulation
ATM & Branch
Copyright © 2018 bank bjb